Home » » Asupan Magnesium Dipercaya Bisa Kurangi Risiko Kanker Pankreas

Asupan Magnesium Dipercaya Bisa Kurangi Risiko Kanker Pankreas

Posted by Kesehatan


Peneliti dari Indiana University (IU) menemukan bahwa asupan magnesium harian mungkin bermanfaat untuk mencegah kanker pankreas. Studi sebelumnya telah menemukan bahwa magnesium dikaitkan berbanding terbalik dengan risiko diabetes yang merupakan faktor risiko kanker pankreas.

Daniel Dibaba, mahasiswa PhD dari School of Public Health-Bloomington yang memimpin penelitian ini menjelaskan sudah ada beberapa studi yang meneliti hubungan langsung magnesium dengan kanker pankreas, tapi penemuannya tidak begitu meyakinkan.

Dikutip dari Times of India, Dibaba dan rekannya menganalisis suatu data dari 66 ribu pria dan wanita berusia 50-76 tahun untuk melihat hubungan langsung antara magnesium dan kanker pankreas. Berdasarkan data tersebut, 151 peserta mengidap kanker pankreas.

Studi ini menunjukkan bahwa setiap penurunan 100 milligram asupan magnesium, 24 persen peluang untuk terjadinya kanker pankreas meningkat.

Studi ini juga menemukan efek dari magnesium pada kanker pankreas tidak terpengaruh oleh usia, jenis kelamin atau indeks massa tubuh tetapi terbatas pada mereka yang mengonsumsi suplemen magnesium baik dari multivitamin atau suplemen individu.

"Bagi mereka yang berisiko mengidap kanker pankreas lebih tinggi, menambahkan dosis suplemen magnesium pada diet mereka juga terbukti bermanfaat dalam mencegah penyakit ini," tambah Dibaba.

Asupan magnesium untuk mencegah risiko kanker pankreas juga dapat ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kacang-kacangan seperti almond, kacang mete dan kacang merah. Sedangkan untuk buah, buah apel dipercaya memiliki kandungan magnesium yang bermanfaat.


Space Advertiser Available Here. Please Go To Small Bussines Tab. Or Contact Tab

0 comments:

Post a Comment