Home » » Ini Alasan Chicken Nugget Bukanlah Makanan Sehat

Ini Alasan Chicken Nugget Bukanlah Makanan Sehat

Posted by Kesehatan


Padahal chicken nugget termasuk salah satu makanan yang disukai anak-anak.

Chicken nugget, termasuk salah satu makanan yang cukup akrab di mulut sebagian masyarakat Indonesia, terutama yang tinggal di perkotaan. Kebanyakan anak-anak pun bahkan menyukai makanan olahan ini. Selain praktis dan mudah memasaknya, makanan ini memang lezat dan gurih rasanya.

Namun, pernahkah Anda berpikir apakah makanan ini benar-benar sehat untuk Anda dan keluarga?

Makanan berbahan dasar ayam ini sering dijumpai di supermarket, banyak pula yang dijual dengan berbagai merek, mulai dari yang terjangkau hingga yang mahal sekalipun. Meski begitu, ini tidaklah menjamin, bahwa chicken nugget adalah makanan sehat untuk dikonsumsi, apalagi untuk anak-anak yang membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi untuk pertumbuhannya yang optimal.

Bila Anda bertanya mengapa chicken nugget buruk bagi kesehatan? Anda bisa mendapatkan jawaban yang sebenarnya bila mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan makanan ini.
Komponen yang paling penting dari chicken nugget memanglah ayam. Rantai produksi pangan peringkat atas pun mengklaim bahwa mereka hanya menggunakan daging dari dada ayam untuk membuat nugget ini. Namun, bagaimana dengan komponen lainnya?
Nugget yang dibuat oleh banyak perusahaan besar, biasanya menggunakan bahan-bahan seperti TBHQ, GMO jagung, MSG, dimetil polisiloksan anti busa, sodium, minyak kedelai yang dihidrogenasi, gandung yang diolah dengan proses kimia, gula dan masih banyak lagi.
Berikut adalah alasan mengapa chicken nugget buruk bagi kesehatan.
1. Pengaruh minyak kedelai yang dihidrogenasi
Minyak ini pada dasarnya mengandung lemak trans, yang dapat menjadi alasan penyebab obesitas. Selain itu, minyak ini bertanggung jawab atas penyakit jantung, bersama dengan peradangan dalam tubuh Anda.

2. Efek samping gula
Gula yang digunakan untuk membuat nugget adalah gula dalam bentuk dekstrosa. Terlalu banyak mengonsumsinya dapat membuat lemak tersimpan dalam tubuh.

Ya, lemak memang dibutuhkan, karena merupakan bahan bakar untuk tubuh Anda, tetapi lemak yang berlebihan hanya dapat menyebabkan bencana. Selain itu, orang dengan diabetes juga harus menghindari makanan ini, karena gula dapat menyebabkan hiperglikemia.

3. Terlalu banyak sodium sangatlah buruk
Anda akan menyadari mengapa chicken nugget buruk bagi kesehatan, jika Anda tahu jumlah natrium dalam makanan ini. Sebanyak 10 chicken nugget mengandung sekitar 1000 mg natrium, sedangkan seseorang hanya perlu 2.000-3.000 mg sodium per hari. Karena tidak ada kalium dalam nugget untuk menyeimbangkan sodium, tekanan darah Anda dapat meningkat ke tingkat yang berbahaya.

4. Gandum yang diolah dengan proses kimia
Jika Anda membuat chicken nugget di rumah mungkin akan menggunakan tepung bebas gluten, yang tidak buruk bagi kesehatan. Tapi, nugget di pasaran terbuat dari tepung gandum yang diolah dengan proses kimia (bleached) di mana gluten adalah komponen pentingnya. Hal ini meningkatkan tingkat gula darah.

5. TBHQ dan dimetilpolisiloksan
TBHQ adalah produk berbasis minyak bumi. Hal ini dapat menyebabkan mutasi sel, kerusakan hati, kerusakan sistem reproduksi, perubahan biokimia, dan lain-lain. Anda akan mendapatkan kejutan mendengar tentang elemen terakhir. Produk berbasis silikon ini digunakan dalam pembuatan kosmetik dan sebagai pengisi dalam implan payudara. Jadi, bagaimana bisa baik untuk dimakan?


Sekarang Anda sudah mengetahui kan, mengapa chicken nugget tak baik bagi Anda dan keluarga, terutama bagi anak-anak yang sangat membutuhkan makanan sehat bernutrisi tinggi. Jadi, mulai sekarang batasi konsumsi makanan ini atau lebih baik tak lagi mengonsumsi makanan olahan ini.


Space Advertiser Available Here. Please Go To Small Bussines Tab. Or Contact Tab

0 comments:

Post a Comment